Senin, 05 Oktober 2015

Cher - Believe

Judul : Believe
Artis : Cher
Album : Believe
Pencipta : Brian Higgins, Stuart McLennen, Cher, Paul Barry, Steven Torch, Mathew Gray, Timothy Powell
Dirilis : 19 Oktober 1998
Genre : House, techno, Eurodance,

Lahir dari pasangan seorang sopir truk dan model, penyanyi sekaligus pemain film bernama asli Cherilyn Sarkisian LaPierre ini sudah berkiprah di dunia musik sejak dekade 60-an. Pada awalnya sih hanya sebagai penyanyi latar untuk grup-grup musik beken pada masa itu seperti The Righteous Brothers, The Crystals dan lain-lain. Setelah berkenalan dengan Sony Bono, seorang produser musik yang kemudian menjadi suaminya, karir Cher di dunia musik pun mulai bersinar.Setelah menggelontorkan banyak album yang cukup sukses, pada tahun 1998 Cher merilis satu single yang bisa dibilang sebagai single terbaik yang pernah dirilisnya. Sebagian dari anda pasti kenal dengan single fenomenal ini. Yes, it's Believe.

Believe adalah single jawara dari album ke-22 milik Cher yang bertajuk sama yaitu Believe. Single ini mencatat banyak prestasi di berbagai penjuru bumi. Selain berhasil posisi puncak di hampir semua chart musik, single top ini juga mencatat rekor penjualan yang memukau yaitu 11 juta kopi. Pada saat lagu ini booming, usia Cher sudah kepala 5. Inilah yang membawa Cher masuk ke buku rekor Guiness sebagai Penyanyi Solo Wanita Tertua yang menembus Billboard 100.

Ya tapi itu sebanding dengan perjuangan menelurkan single ini. Bayangkan saja butuh waktu sekitar 6 tahun untuk merampungkan satu single saja. Padahal yang menggarapnya banyak lho. Tercatat ada 6 pencipta lagu yang keroyokan bersama Cher untuk mencetak single Believe ini. Pada awalnya sih bentuknya masih demo hasil karya 4 pencipta lagu dari label Warner Brothers, lalu demo ini dibawa ke studio Metro di London untuk polesan akhir.

Sebenarnya apa sih yang istimewa dari lagu ini? Kalau anda pernah mendengarnya, pasti masih inget dengan sound efek pada vokal Cher yang khas banget itu. Sound efek ini adalah hasil dari software audio prosesor Auto-Tune. Dimana single Believe ini adalah single komersil pertama yang dibuat dengan menggunakan sofware tersebut. Hasilnya suara Cher pun menjadi unik dan futuristik dan alkhirnya terkenal dengan istilah 'Cher Effect'. Belum lagi ditambah dengan musik house technonya yang up beat. Klop banget deh lagu ini buat nge-dance.

Pokok'e joget..pokok'e joget


Disamping musik dan sound efeknya, lagu ini juga sempat bikin geger karena liriknya. Lagu ini bercerita tentang perjuangan seseorang untuk mengumpulkan kekuatan dirinya agar bisa tegak kembali setelah kehancuran cintanya yang menyakitkan. Istilah abg-nya berjuang untuk move on deh. Nah salah satu liriknya berbunyi seperti ini do you believe in life after love. Lirik ini sempat memicu kontroversi. Padahal sih sebenarnya yang dimaksud Cher ini adalah apakah anda percaya bisa hidup kembali setelah kehancuran kisah cinta anda, sepahit dan sesakit apapun rasanya? Do you Believe that? Yes, I do.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar