Minggu, 27 September 2015

Mariah Carey - Without You

Judul : Without You
Artis : Mariah Carey
Album : Music Box
Pencipta : Pete Ham, Tom Evans
Dirilis : 23 Januari 1994
Genre : Pop

Menyanyikan sebuah lagu yang sudah pernah populer sebelumnya memang tak pernah menjadi perkara mudah. Tak semua penyanyi sanggup melakukannya dengan baik. Terutama menyangkut opini publik yang terlanjur mengenal lagu tersebut dengan baik saat dibawakan oleh pendahulu atau penyanyi aslinya. Jadi saat seorang penyanyi memutuskan untuk mendaur ulang sebuah lagu, dia harus menyiapkan mental untuk menerima kritik atau pujian karena bisa dipastikan publik akan membandingkan versi yang ia bawakan dengan versi pendahulunya. Banyak cara yang ditempuh oleh seorang penyanyi agar versi miliknya tampil beda dan diterima oleh khalayak ramai. Mulai dari perubahan aransemen sampai improvisasi vokal. Beberapa berhasil menerima tepuk tangan, sementara yang lain harus menerima hujatan karena dianggap tak mampu membawakan lagu sebaik penyanyi aslinya atau bahkan dituduh merusak citra asli lagu tersebut.

Mariah Carey, diva asal Amerika Seikat, adalah salah satu yang terbilang sukses menyanyikan lagu recycle. Dengan kemampuan vokal menawan hasil ajaran sang ibu yang merupakan penyanyi opera, Mariah Carey sukses mendaur ulang lagu Without You yang aslinya merupakan lagu milik grup rock asal Inggris, The Badfinger. Lagu Without You ini pertama kali dimuat dalam album mereka berjudul No Dice yang dirilis pada tahun 1970. Kabarnya sih, sekitar 180 artis pernah mendaur ulang lagu ini, yang paling populer diantaranya versi Harry Nilsson (1971), Air Supply (1991) dan Mariah Carey (1994).

Mariah Carey menjadikan single Without You dijadikan sebagai single ketiga di album ketiganya bertajuk Music Box. Genre musik yang dipilihnya memang masih condong ke pop, bukan R&B seperti sekarang. Dengan range vokal sampai 5 oktaf, Mariah Carey tak kesulitan menjangkau nada-nada rendah dan tinggi dalam lagu ini. Warna suaranya yang khas memberi kesan tersendiri pada lagu ini. Pada bagian chorus, Mariah Carey mengayunkan lagu sentimentil ini dengan nada tinggi yang sanggup membuat bulu roman merinding.

Khalayak musik pun menyambut baik lagu 'usang' yang dipoles ulang oleh penyanyi juga beken dengan lagu Hero ini. Single ini pernah meraih puncak chart musik di berbagai negara dan disusul dengan penjualan singlenya yang laris bak obat jamur di musim hujan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar