Sabtu, 03 Oktober 2015

The Cranberries - Animal Instinct

Judul : Animal Instinct
Artis : The Cranberries
Album : Bury The Hatchet
Pencipta : Dolores O'Riordan
Dirilis : 5 Juli 1999
Genre : Alternative Rock

Bury The Hatchet adalah album keempat band rock kenamaan asal Irlandia, The Cranberries, yang dirilis tahun 1999. Album ini bisa dikatakan album 'kembali'nya The Cranberries setelah penantian selama 3 tahun sejak album ketiga mereka, To The Faithfull Departed, yang menuai beberapa protes dari para penggemarnya karena dianggap kualitas musiknya telah menurun jika dibandingkan 2 album sebelumnya. Belum lagi sang vokalis, Dolores O'Riordan, sempat vakum dari dunia musik dikarenakan sedang fokus pada kelahiran putra pertamanya sehingga album keempat ini molor lumayan lama. Pada album Bury The Hatchet ini, The Cranberries seolah ingin mengobati kekecewaan para penggemar dengan menyuguhkan beberapa single jagoan. Salah satunya adalah Animal Instinct.

Animal Instinct adalah single kedua dari album Bury The Hatchet. Single ini ditulis sendiri oleh pentolan sekaligus vokalis The Cranberries , Dolores O'Riordan, saat dia sedang mengasuh bayinya, Taylor. Dolores mengungkapkan bahwa lagu ini merupakan bentuk ungkapan sayangnya kepada sang anak yang telah memberi motivasi baru baginya untuk kembali berkarya di dunia musik setelah kejenuhan yang sempat melandanya.

Dolores melanjutkan bahwa Animal Instinct bercerita tentang perasaan seseorang saat dia sedang mengasuh anak-anaknya. Perasaan yang bermula sejak ia mengandung dan melahirkan anaknya. Saat ia sedang menimang dan menyusui anaknya, ia merasakan kebahagiaan yang belum pernah ia rasakan. Rasa sayang itu kemudian membentuk keinginan untuk selalu melindunginya apapun yang terjadi. Tak pernah ingin berpisah dengan sang anak, seberapapun beratnya cobaan yang dilalui untuk membesarkannya. Rela mengorbankan apapun demi melindungi mereka, itulah animal instinct (naluri hewani) yang ada dalam diri manusia.

Sutradara Olivier Dahan memvisualkan apa yang ingin disampaikan Dolores tersebut dalam video musik Animal Instinct hasil garapannya. Diawali dengan adegan beberapa petugas dari Lembaga Perlindungan Anak, aparat keamanan, dan pengacara yang datang untuk mengambil dua orang anak dari seorang ibu. Mereka mengambil kedua bocah itu karena sang ibu tidak memiliki pekerjaan sehingga dianggap tak mampu untuk membiayai hidup anak-anaknya. Memang ada beberapa negara seperti Amerika Serikat yang memiliki peraturan ketat tentang perlindungan anak. Lembaga Children's Protection Service (CPS) akan mengambil alih pengasuhan anak dari orang tua mereka untuk beberapa alasan, misalnya karena adanya KDRT, tidak memiliki orang tua, ditelantarkan orang tua, atau bahkan jika orang tua dianggap tidak mampu membiayai hidup anak-anaknya.

Back to the video. Sang ibu lalu datang dan sempat melakukan perlawanan tapi tak kuasa untuk melawan hukum yang berlaku di negara tersebut. Kedua anak itu lalu dibawa dan dititipkan ke pusat perlindungan anak. Sang ibu yang merasa tak mampu berpisah dengan anak-anaknya, akhirnya secara sembunyi-sembunyi membawa kabur kedua anaknya dari tempat tersebut.

Jadi, kalau kita lihat dari video musik Animal Instinct ini, nampaknya ada sedikit unsur protes terhadap kebijakan Lembaga Perlindungan Anak. Khususnya jika anak-anak diambil paksa oleh negara jika orang tua dianggap terlalu miskin untuk bisa membiayai hidup mereka. Bagaimana, setujukah anda dengan kebijakan seperti ini?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar