Sabtu, 03 Oktober 2015

Goo Goo Dolls - Iris

Judul : Iris
Artis : Goo Goo Dolls
Album : Dizzy Up The Girls, City Of Angels OST
Pencipta : John Rzeznik
Dirilis : 7 April 1998
Genre : Alternative Rock

Sudah pernah nonton film City of Angels kan? Beberapa dari anda mungkin sudah nonton film ini, tapi ada juga yang belum. Bagi yang belum nonton, mau saya ceritain sinopsisnya?

Bbbrrrr...ya sudah cerita singkat saja. Film City of Angels adalah salah satu film yang cukup laris di tahun 1998. Dibintangi oleh Nicholas Cage dan Meg Ryan. Ceritanya ada malaikat benama Seth (Nicholas Cage) yang  naksir pada seorang dokter bedah bernama Maggie (Meg Ryan). Seth beberapa kali menampakan wujudnya agar bisa bertatap muka dan berbincang dengan Maggie. Sampai akhirnya mulai deh tumbuh benih cinta diantara keduanya. Sang malaikat tetap menjaga agar jangan sampai Maggie tahu siapa dia sebenarnya. Walaupun pada akhirnya si dokter pun mulai menyadari siapa sebenarnya Seth dan mulai timbul genjolak batin pada keduanya. Khususnya karena mereka berasal dari dunia yang berbeda.

Didorong oleh cintanya pada Maggie, Seth akhirnya memutuskan untuk menjadi manusia dengan cara menjatuhkan dirinya dari sebuah pencakar langit. Istilahnya fallen angel gitu lah. Nah dengan statusnya sebagai manusia fana, akhirnya Seth bisa kembali bersama dengan sang pujaan hati. Walaupun kisah cinta mereka tak berlangsung lama karena pada akhirnya Maggie...tuuuutt..sensor..no spoiler haha...

Well...buat saya pribadi sih filmnya tak begitu istimewa, kecuali jika nontonnya bareng sama pacar. Yang membuat film ini nancep di hati saya itu soundtracknya. Nggak tanggung-tanggung film ini punya 3 soundtrack andalan yang sangat populer. Ada lagu Uninvited punya Alanis Morissette, Angelnya Sarah McLachlan, dan favorit saya Iris by Goo Goo Dolls!

Single Iris mungkin adalah salah satu single paling beken yang pernah dibawakan oleh grup rock asal negeri Paman Sam, Goo Goo Dolls. Single ini ditulis oleh John Rzeznik, vokalis merangkap gitaris grup yang dulu bernama The Sex Maggots ini. Saking bekennya lagu ini, Iris memecahkan rekor nangkring di puncak Hot 100 Airplay selama 18 pekan. Gile ndro!

Single Iris ditulis oleh John dengan mengambil sudut pandang sang malaikat yang diperankan oleh Nicholas Cage tersebut. Tentang bagaimana dia bersedia mengorbankan keabadiannya demi untuk memiliki kemampuan merasa seperti manusia. Bagaimana seseorang jatuh cinta kepada seorang wanita yang berasal dari dunia yang berbeda, namun ia tak berani mengungkapkan karena takut wanita itu akan menjauhinya. Bagaimana ia tetap menutupi identitasnya karena ia merasa dunia tak akan bisa memahami dirinya. Tapi dia tidak memperdulikan hal itu. Yang ia inginkan hanyalah sang pujaan hati bisa memahami siapa dia yang sebenarnya.

Menurut John, judul Iris diilhami dari nama seorang musisi country Iris DeMent. Nama ini muncul secara tak sengaja saat ia sedang membaca sebuah majalah. Single ini pun mendapat banyak pujian dari berbagai kritikus musik dunia dan sempat membawanya dinominasikan dalam 3 kategori di ajang Grammy Awards tahun 1999 yakni untuk Best Perfomance By Duo or Group, Song Of the Yeard dan Record of The Year walau tak menang satupun. Apes deh.

Oh iya, saking populernya lagu ini, Iris sempat menjadi salah wedding song favorit di berbagai negara. Bahkan lagu ini menjadi lagu pengiring saat Avril Lavigne berdansa dengan suaminya, Deryck Whibley, di pesta pernikahan mereka tahun 2006 kemarin.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar