Minggu, 04 Oktober 2015

Sting - Shape of My Heart

Judul : Shape of  My Heart
Artis : Sting
Album : Ten Summoner's Tale
Pencipta : Sting, Dominic Miller
Dirilis : 1 Agustus 1993
Genre : Soft Pop Jazz

Cukup sulit bagi saya untuk memahami apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh Sting dalam lagunya yang berjudul Shape of My Heart. Kepiawaian Sting mengenkripsikan pesan dalam lirik bernuansa dualisme memaksa saya untuk angkat topi. Dibutuhkan kecerdasan ekstra untuk menguraikan makna dari untaian lirik lagu milik musisi yang bernama asli Gordon Sumner ini. Semakin runyam mengingat kemampuan saya dalam memahami permainan kartu amatlah mengharukan.

Meskipun jujur saja hal pertama yang memikat saya untuk menikmati lagu ini bukanlah dari segi lirik, tapi petikan gitar beraroma mistis hasil kepringelan tangan Dominic Miller, seorang gitaris berdarah Argentina yang juga merupakan co-writer lagu ini. Belum lagi buaian suara harmonika yang meliuk-liuk di bagian interludenya, semakin menyeret saya ke dalam daya pikatnya. Permainan harmonika tingkat wahid dalam lagu ini dimainkan oleh Larry Adler, seorang pemain harmonika kawakan asal Amerika. Pada saat memainkan peranannya dalam lagi ini di tahun 1993 silam, Larry Adler sudah berusia 79 tahun. Musisi gaek yang sering disebut sebagai pemain harmonika terbaik sepanjang masa ini tutup usia pada tanggal 6 Agustus 2001.

Single Shape of My Heart ini terdapat di album solonya Sting yang keempat bertajuk Ten Summoner's Tale. Album yang buat saya pribadi merupakan album terbaik yang pernah dirilis oleh Sting. Dimana dalam album ini memuat beberapa single hits favorit saya seperti Fields of Gold, If I Ever Loose My Faith In You, dan tentu saja Shape of My Heart.

Pada tahun 1994, Shape of My Heart dijadikan sebagai soundtrack untuk film Leon The Profesional yang dibintangi oleh Jean Reno, Gary Oldman dan Natalie Portman. Penyanyi R&B asal Inggris, Craig David, juga pernah menulis sebuah lagu yang diilhami dari lagu ini. Lagu tersebut berjudul Rise & Fall yang dirilis tahun 2002. Dalam lagu ini, Craig David mengajak Sting untuk berkolaborasi menyanyikannya.

Dalam Shape of My heart, Sting ingin menulis tentang seorang pemain kartu yang bermain bukan untuk mencari kemenangan atau kemuliaan tapi untuk menggali dan menemukan unsur mistis nan logis dalam permainan tersebut. Kemahiran bermain vs faktor keberuntungan. Permainan kartu ini adalah sebuah metafora kehidupan baginya. Dimana sebagian besar para pemainnya memiliki motivasi serupa tapi tidak dengan dirinya. Baginya permainan ini adalah sebuah meditasi untuk mencari jawaban dan kebenaran yang terselubung didalamnya.

Jika anda adalah seorang pemain kartu handal, tentunya anda pandai menutupi gejolak perasaan dalam hati anda agar tak bisa dibaca oleh lawan main. Istilahnya muka rata atau poker face gitulah. Sulit untuk membaca suasana hati dari wajah seorang pemain kartu tulen, topengnya terlalu keras untuk bisa ditembus. Tapi jika anda lupa mencopot topeng ini saat berhadapan dengan kekasih atau pasangan hidup anda, maka bersiaplah untuk mendapat masalah.








2 komentar:

  1. tulisan ini, mashoook sekali. satu saat aku akan mencoba menulis sebuah ulasan sebagus ini!

    BalasHapus
  2. Begitu mendengarkan petikan gitarnya, penasaran, saya cari tahu lagunya siapa, judulnya apa dan apa maksud dari lagu ini, setelah baca ulasan masnya, ya... Saya jauh dari cerdas ternyata.

    BalasHapus