Minggu, 20 September 2015

Richard Marx - Hazard

Judul : Hazard
Artis : Richard Marx
Album : Rush Street
Pencipta : Richard Marx
Dirilis : Januari 1992
Genre : Pop

Pada umumnya seorang penulis lagu mengarang sebuah lagu untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakannya. Kadang juga untuk menceritakan sebuah kejadian yang pernah dia alami atau dia lihat, seperti fenomena sosial politik misalnya. Tapi terkadang ada juga lho penulis lagu yang berhasil menyusupkan sebuah cerita fiksi dalam untaian syair lagunya. Salah satunya adalah Richard Marx.

Richard Marx, penyanyi sekaligus penulis lagu ini, pernah menciptakan sebuah lagu bernuansa fiksi misteri yang menjadi spekulasi para pencinta musik dunia. Judulnya Hazard. Bukan..bukan pemain bola klub Chelsea itu. Walaupun memang dia lahir di tahun yang sama dengan saat lagu ini direkam yaitu tahun 1991. Hazard itu sendiri merupakan sebuah kota kecil di negara bagian Nebraska, Amerika Serikat.

Single Hazard ini menceritakan tentang seorang anak tanpa ayah yang pindah ke kota Nebraska bersama ibunya. Sedari kedatangannya di kota itu, si anak ini mendapat tudingan dari masyarakat sekitar. Mungkin karena dia dianggap sebagai anak haram atau menderita gangguan mental yang menyebabkan ibunya harus pindah ke Nebraska. Saat dewasa, dia bertemu dan jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Mary. Sepasang kekasih ini sering berjalan berdua menelusuri tepian sungai. Suatu malam Mary pergi dari rumah dan tidak kembali lagi. Keesokan harinya, Mary ditemukan tewas di tepian sungai tersebut dan coba tebak siapa yang dituduh sebagai tersangkanya? Ya..si pemuda tersebut.

Dalam video klipnya, sang pemuda diperankan oleh Richard Marx sendiri. Dan siapa sebenarnya yang telah membunuh Mary pun masih tak jelas. Ada yang bilang si pemuda tersebut, ada pula yang menduga sang kepala polisi kota itu lah pelakunya. Inilah yang menjadi spekulasi menarik dari single Hazard ini. Bahkan ada yang mempertanyakan, kisah ini beneran terjadi nggak sih?

Richard Marx sendiri sudah menegaskan bahwa cerita dalam lagu tersebut adalah murni fiksi. Pemilihan Nebraska sebagai kota sebenarnya karena memang dia pernah mampir kesana dan kata Nebraska dirasa cukup pas dengan rima lagunya.

Single ini sendiri berhasil menyita perhatian para pecinta musik dunia. Dibuktikan dengan masuknya lagu ini ke puncak tangga lagu di berbagai negara dan membawa suami artis Cynthia Rhodes ini kembali ke chart bergengsi Billboard Hot 100 walau harus puas mentok di posisi 9.

Saat menonton videonya, kita seperti sedang menonton sebuah film pembunuhan misterius berdurasi kurang dari 5 menit. Penasaran pengen nonton atau sekedar untuk nostalgia? Silahkan simak video klipnya berikut ini. Btw, menurut anda, siapa sih sebenarnya yang telah membunuh Mary?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar